Thursday, December 2, 2021

CHECKING FOR UNDERSTANDING

CHECKING FOR UNDERSTANDING
(Mengecek Pemahaman) 

A.   Expressions of Checking for understanding (Ungkapan untuk Mengecek Pemahaman)

  • Do you understand? (Apakah kamu mengerti?)
  • Do you know what I mean? (Apakah kamu tahu maksud saya?)
  • Do you know what I am saying? (Apakah Anda tahu apa yang saya katakan?)
  • Do you follow me? / Are you following me? (Apakah kamu mengikuti saya?)
  • Got it? (Mengerti?)
  • Is it clear? (Apakah sudah jelas?)

 

B.    Showing understanding (Menunjukkan kepahaman)

  • I see. / I understand. / I get it. (saya mengerti)
  • Yes (Ya)
  • I understand what you are saying (Saya mengerti apa yang kamu katakan)
  • I know what you mean (saya tahu apa yang kamu maksud)
  • I’m with you (Aku bersamamu)

 

C.    Expressing Lack of Undertanding (Mengungkapkan kekurang pahaman/tidak paham)

  • I don’t get it. (Saya tidak mengerti)
  • I’m sorry. What do you mean? (Maafkan saya. Apa maksudmu?)
  • Excuse me, but I’m not following you. (Maaf, tapi saya tidak mengikutimu)
  • Again, please (Tolong sekali lagi)
  • I don’t understand (Saya tidak mengerti)
  • What do you mean? (Apa maksudmu?)
  • I don’t quite follow you. (Saya tidak cukup mengikuti Anda.)

 

D.   Dialogue Sample (Contoh Dialog)

Mr. Feri: We will make an advertisement today. Do you understand? (Kita akan membuat sebuah iklan hari ini. Apakah kamu mengerti?)

Students: Yes, Sir. (Iya, Pak.)

Mr. Feri: What did I say? (Apa yang saya katakan?)

Students: We will make an advertisement, sir. (Kita akan membuat sebuah iklan, Pak.)



No comments:

Post a Comment